Glitter Words Myspace Comments

Sabtu, 08 Januari 2011

SMP Muhammadiyah 1 Unggulan (SPEMSA)

PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA DAN AKHLAK MULIA

MANAJEMEN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Jln. Urip Sumoharjo Lr. 81 No. 12
Makassar Kode Pos 90144 Telp. (0411) 453356 - 457209

Selayang Pandang
SMP Muhammadiyah 1 Makassar yang disingkat "SPEMSA" yang pertama berdirinya sejak tahun 1948 beralamat di Jl. Muhammadiyah dan kini pindah di Jalan Urip Sumoharjo Lr. 81/12. Sejak tahun 50-an sekolah ini terkenal dengan nama "SMP Muhammadiyah Bersubsidi". Setelah berlaku sistem akreditasi tahun 1985, sekolah ini berubah status menjadi "SMP Muhammadiyah Disamakan". Dengan status tersebut, pemerintah mempercayakan menjadi Ketua Sub. Rayon/Koordinator EBTANAS/UAN sejak tahun 1988 sampai tahun pelajaran 2007/2008, yang mewadahi 13 SMP Swasata, namun pada tahun 2008/2009  tidak menjadi lagi Ketua Subra karena kebijakan dari pemerintah bahwa Sekolah negeri yang diprioritaskan sebagai ketua Subra.  Kini SMP Muhammadiyah 1 berstatus Akreditasi Type 'A' setara dengan 11 SMP Negeri di Kota Makassar.

Sekolah yang sudah berusia 57 tahun ini tetap diminati masyarakat hingga hari ini, karena kualitas dan pendidikan agamanya yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat, sehingga sejumlah alumninya memilih memasukkan anak atau cucunya di sekolah ini. Tidak heran  jika sekolah ini dipadati pendaftar setiap tahun.

V i s i
”Terdepan dalam Imtak dan Ipteks Berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah”
dengan indikator: Unggul dalam pembinaan imtak dan akhlaqul karimah, prestasi akademik dan non akademik, bahasa Inggris dan Arab serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).


M i s i
Menanamkan imtak dan akhlaqul karimah, melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, menumbuhkan semangat keunggulan dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif melalui manajemen berbasis sekolah menuju sekolah islami yang berdaya saing tinggi.


Program Unggulan
1. Peningkatan kualitas imtak dan akhlak mulia, dengan menekankan pada pembinaan ketertiban shalat lima waktu dan shalat jamaah, kelancaran membaca Al-Qur’an, kedisiplinan, sopan santun, kejujuran, ukhuwah dan kepedulian sosial serta kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

2. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dengan pendekatan koperatif, CTL, dan lifeskill, yang ditunjang media pembelajaran modern (OHP, VCD, computer + internet, dan proyektor). Untuk itu disediakan Ruang Multimedia dan tiap kelas dilengkapi TV 21” dan VCD/DVD player.

3. Peningkatan manajemen dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan memanfaatkan ICT dalam pengelolaan administrasi dan pembelajaran.


Prestasi Akademik & Non Akademik
SMP Muhammadiyah 1 telah meraih cukup banyak prestasi akademik maupun nonakademik, di antaranya:
1. Juara III Quiz ASEAN tahun 2007 yang dikuti 10 SMP terfavorit di Makassar
2. Juara I Paskibra se Kodam VII Wirabuana.
3. Jura umum lomba keterampilan agama tingkat Kota Mks.
4. Juara III MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan
5. Juara II Liga Pendidikan Se Kota Makassar tahun 2010



Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa, yang dapat dipilih sesuai bakat dan kesanggupan siswa, yang meliputi: TPA (dasar dan lanjutan), Komputer, Pramuka/HW, Olah Raga, Kesenian, Keterampilan, Seni Beladiri (Tapak Suci), TC IPM/OSIS, KIR, PMR, Mading, Paskibra dan sebagainya, Selain itu ada juga program akselerasi untuk siswa yang berbakat dalam mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris serta pembinaan olah raga prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar